Home Wisata Jawa Tengah Tempat Wisata di Wonosobo Dengan Fenomena Alam Unik

Tempat Wisata di Wonosobo Dengan Fenomena Alam Unik

tempat wisata di wonosobo
bukit sikunir - foto : https://www.instagram.com/akbarhendar/

Tempat wisata di wonosobo – Dataran tinggi dieng sebagian besar terdapat di wonosobo. Untuk itu pariwisata di wonosobo sangat mencuri perhatian semua wisatawan lokal maupun asing. Banyak turis asing yang berkeliaran hanya untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata di wonosobo. Semua tempat wisata yang ada di wonosobo dikelola dengan baik dan mempunyai fasilitas yang sangat memadai. Sehingga para wisatawan merasa nyaman saat berada di wonosobo.

Berikut ini adalah tempat wisata pegunungan dieng wonosobo yang sangat populer :

1. Bukit Sikunir

bukit sikunir – foto : https://www.instagram.com/bangun_putro/

Bukit Sikunir mempunyai view yang sangat mempesona. Sebab ketika berada di puncak bukit dapat menyaksikan berbagai macam wilayah yang ada di sekitar. Pada saat tertentu sebagian besar wilayah tertutup dengan awan, sehingga seperti berada di negeri atas awan. Sementara gunung yang dapat terlihat dari puncak bukit seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro, Gunung Ungaran, Gunung Merapi dan lain – lain.

View sunset dan sunrise melalui bukit Sikunir ini terlihat sangat mempesona dengan dilengkapi awan serta gunung yang menjulang tinggi. Pemandangan kota wonosobo pun terlihat sangat jelas, bahkan ketika malam daerah wonosobo akan nampak seperti dataran luas yang dihiasi jutaan cahaya kecil.

2. Telaga Warna Dan Telaga Pengilon

telaga warna dan telaga pengilon – foto : https://www.instagram.com/fadjar_hamidi/

Di wonosobo terdapat 2 buah telaga yang saling berdampingan, oleh karena itu pengelola membuat ke telaga tersebut menjadi satu paket wisata. Sehingga dapat menyaksikan 2 buah telaga sekaligus dalam satu tempat.

Persamaan dari telaga Pengilon dan warna adalah dikelilingi oleh bukit yang terlihat seperti dinding dan mengelilingi kedua telaga. Kedua telaga terpisah dengan sebuah daratan kecil.  Pemandangan bukit pun juga terlihat sangat jelas di dalam air, terutama telaga pengilon yang mempunyai air yang lebih jernih. Sementara telaga warna, pemandangan bukit tidak begitu jelas karena terhalang oleh pacaran warna warni yang dihasilkan oleh telaga warna.

Kedua telaga ini juga merupakan suatu fenomena alam langka, dimana dua buah telaga yang hanya terpisah dengan daratan kecil mempunyai kondisi air yang berbeda – beda. Di wilayah telaga tersebut juga sering dijumpai angin puting beliung kecil. Meskipun tidak berbahaya, sebaiknya tidak iseng mendekati angin puting beliung tersebut karena kemungkinan dapat menyebabkan angin bertambah besar.

Penduduk setempat juga memanfaatkan kedua buah telaga sebagai sumber mata air. Ketika berada di telaga juga akan menjumpai penduduk setempat sedang melakukan perairan.

3. Batu Ratapan Angin

batu ratapan angin – foto : https://www.instagram.com/andiarmawan26/

Batu ratapan angin juga masih tergolong satu kompleks dengan Telaga warna dan telaga pengilon. Hanya diperlukan beberapa menit dari tempat wisata telaga tersebut. Karena itulah di atas puncak batu ratapan angin selalu terpampang jelas telaga warna dan telaga pengilon. Candi bima juga dapat terlihat dari atas bukit.

Tempat wisata di wonosobo satu ini pada dasarnya hanya bongkahan batu besar yang tidak beraturan. Jadi ketika mendaki bukit sebaiknya berhati – hati dan teksture batu yang tidak rata.

Hal lain yang menarik dari bukit ini adalah terdengar suara hembusan angin yang cukup unik. Suara hembusan angin yang dihasilkan bersumber dari pepohonan sekitar namun terdengar sangat unik dan berbeda dari suara hembusan angin pada umumnya.

4. Curug Winong

curug winong – foto : https://www.instagram.com/shaepol_0306/

Curug yang berada di kawasan dataran tinggi dieng ini merupakan tempat wisata yang cukup ekstrim. Karena para pengunjung mempunyai kebebasan penuh mendekati curug dengan menyelusuri curug melalui bebatuan tebing yang mengapitnya. Terlebih lagi tidak disediakan alat pengaman khusus bagi pengunjung yang hendak mendaki curug dan hanya sekedar himbauan dari pengelola untuk sangat berhati – hati dan mementingkan keselamatan.

Bagi wisawatan yang tidak berniat untuk melakukan hal yang cukup ekstrim dengan mendaki tebing, dapat menikmati suasana curug dari jarak jauh. Kondisi curug winong ini sangat istimewa dan unik, karena biasanya sebuah curug terjun bebas dari ketinggian serta dikelilingi pepohonan di sekitar area curug. Sedangkan curug winong, air terjun bebas melalui bebatuan tebing yang mengapitnya. Itulah yang menjadi ciri khas dari curug winong, arus airnya pun juga sangat deras.

5. Petak 9 Dieng

petak 9 dieng – foto : https://www.instagram.com/ibagussaputra/

Selain batu ratapan angin, di kawasan kompleks telaga warna juga terdapat bukit lain yaitu petak 9 dieng. Tempat wisata ini pada dasarnya merupakan suatu hutan lindung di suatu bukit. Tempat ini juga dijadikan sebagai pelestarian alam sekaligus budidaya tumbuhan. Di kawasan ini banyak ditemui berbagai macam jenis pepohonan dan bunga, termasuk spesies tumbuhan yang langka dan hampir punah.

Selain hamparan pepohonan dan berbagai macam taman bunga, di petak 9 dieng juga tersedia berbagai macam rumah pohon. Di atas rumah pohon dapat menyaksikan view dari telaga warna dan pengilon. Meskipun tidak begitu sejelas seperti batu ratapan angin, menyaksikan pemandangan kedua buah telaga tersebut lebih aman. Walaupun banyak pepohonan yang sedikit menutupi view telaga.

6. Kawah Sikidang

kawah sikidang – foto : https://www.instagram.com/oki_nofianto/

Kawah sikidang adalah sebuah kawah yang cukup luas dan dikelilingi dengan bebatuan belerang yang selalu mengeluarkan asap dan api sewaktu – waktu. Bagi wisawatan yang berkunjung di kawah ini sangat diharapkan menggunakan masker. Sebab aroma di kawah sangat menyengat dari tingginya kadar belerang.

Fenomena unik lain dari kawah ini adalah terdapat lubang fomarola yang berpindah – pindah. Ada puluhan lubang fomarola yang menyebar di area kawah.

Kunjungi juga:

Daftar dari tempat wisata di wonosobo tersebut merupakan tempat wisata yang menjadi incaran para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Keistimewaan dari wisata tersebut adalah fenomena alam yang sangat langka sehingga menyita perhatian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here