Home Wisata Sumatera 8 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru Paling Menarik

8 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru Paling Menarik

alam mayang - foto : https://www.instagram.com/brosispku/

Tempat Wisata di Pekanbaru – Apakabar abang, adik, etek, ante, puan, dan tuan semua? Liburan yuk di Pekanbaru. Belakangan ini banyak tempat wisata di Pekanbaru yang semakin memukau.

Banyak tempat wisata yang tidak terduka bermunculan dan menjadi viral di media sosial.  Berikut kami telah merangkum dan memilih tempat wisata di Pekanbaru.

1. Rainbow hill

rainbow hill – foto : https://www.instagram.com/pramudyadji/

Rainbow atau pelangi selalu dinanti setelah hujan turun. Sama halnya dengan tempat wisata ini, yang selalu dinanti untuk dikunjungi. Bukit ini berlokasi di Rumbai, Pekanbaru dan diperkenalkan oleh salah seorang blogger cantik Marischka Prudence beberapa tahun lalu. Jadi, tempat wisata ini masih tergolong baru. Warna tanah yang khas daerah Riau serta tekstur cenderung berpasir menjadi daya tarik tersendiri.

Jalan menuju lokasi tidak ribet, kamu bisa melalui rute dari kota Pekanbaru menuju ke arah kecamatan Rumbai, lalu ambil jalan menuju ke Danau Kayangan. Lokasi bukit di sebelah kiri danau tidak jauh dari gerbang masuk. Bagaimana biaya masuk? Sementara ini kamu bisa masuk sesukamu, karena belum ada pihak yang mengelola.

2. Danau Kayangan

danau kayangan – foto : https://www.instagram.com/ryansant/

Jika sudah sampai Rumbai, mampir sejenak di bukit pelangi dan jangan sampai melewatkan danau Bandar Kayangan. Berlokasi di Meranti Pandak, Rumbai Pesisir, Pekanbaru atau sekitar 10km dari pusat kota. Harga tiket masuk Rp5.000 WIB dan buka setiap saat. Untuk mencapai lokasi juga tidak sulit. Dari kota Pekanbaru bisa menggunakan bus lansung ke Rumbai. Lokasi dipercantik dengan banyaknya spot foto. Suasananya sangat cocok untuk mencari ketenangan.

3. Taman Wisata Okura

taman bunga impian – foto : https://www.instagram.com/efzairnandaep/

Lokasi taman di jalan Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Taman ini salah satu dari tempat wisata di Rumbai yang sangat diminati wisatawan dan menjadi kebanggan tempat wisata di Pekanbaru. Jam operasi buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.30 WIB.

Tempat piknik keluarga yang ramah lingkungan dan sangat edukasi. Cik dan puan hanya butuh waktu 30 menit dari kota untuk sampai dilokasi. Harga tiket masuk juga cukup terjangkau dan sepadan dengan yang didapat. Kamu bakal diajak untuk menyusuri sungai, melihat kebudayaan tradisional dan berkuda di padang pasir. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bersepeda diantara rimbunnya pepohonan.

4. Pulau Cinta

pulai cinta – foto : https://www.instagram.com/nindy.dian/

Berlokasi di tepi sungai Kampar, Dusun Teluk Kenidai, Kampar, Pekanbaru. Hanya belasan kilometer dari bandara Internasional Sutan Syarif Kasim II dan dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Kamu hanya butuh membayar biaya parkir yang sekaligus sebagai biaya masuk kelokasi.

Terdapat banyak tenda untuk berduduk santai sabil menikmati pemandangan pasir putih di belakang ikon wisata Pulau Cinta. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri sungai menggunakan perahu hias atau banana boat. Atau menikmati pemandangan menggunakan motor cross. Terdapat banyak area berfoto berlatar belakang hiasan bertemakan cinta yang dapat membuat kamu lebih akrab dengan orang tersayang.

5. Bukit Suligi

bukit suligi – foto : https://www.instagram.com/nur_alfin_10/

Tidak perlu mendaki gunung untuk dapat merasakan negeri di atas awan. Di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), tepatnya di desa Aliantan, Kecamatan Kabu, terdapat bukit yang sangat cocok dinikmati dipagi hari. Kamu hanya butuh mendaki dalam waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai puncak.

Namun, jika dalam kondisi ramai, bisa dijangkau lebih dari dua jam. Butuh biaya sekitar Rp.40.000,- untuk masuk dan sudah termasuk parkir kendaran, nasi bungkus, minum, dan makanan ringan. Jadi, tidak perlu khawatir untuk kebutuhan panganmu. Biaya yang tidak seberapa, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang terhampar luas.

6. Bono Kampar

bono kampar – foto : https://www.instagram.com/zakaria_jn/

Bono yang berarti ombak. Wisata ombak ini berlokasi di desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Pekanbaru. Fenomena unik di sungai ini sudah terkenal sampai kanca Internasional.

Sungai sepanjang kurang lebih 450 km ini, memiliki ombak raksasa yang dimanfaatkan untuk selancar. Ketika puncak dari ombak besar, dapat membentuk 21 ombak  yang muncul secara bersamaan dengan diperindah perpaduan warna ombak. Namun sayangnya, wisatawan tidak bisa menikmati fenomena langka tersebut setiap hari. Hanya hari-hari tertentu saja dalam satu bulan. Biasanya terjadi dipertengahan bulan kalender jawa.

7. Alam Mayang

alam mayang – foto : https://www.instagram.com/nandapurdiann/

Kota dengan julukan kota sawit atau minyak ini, memiliki tempat wisata yang sangat sejuk, yaitu Alam Mayang. Taman ini berlokasi di Jalan Imam Munandar KM 8, Tangkerang Timur, kecamatan, Bukit Raya, Pekanbaru. Buka pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB dengan harga tiket masuk tidak lebih dari Rp.20.000,- Banyak hal yang dapat kamu lakukan, diantara memancing, dan tangkapannya dapat kamu bawa pulang.

Selain itu, terdapat berbagai macam wahana hiburan yaitu wahana kapal di danau, banana boat, flying fox, trek sepeda, bombom car, dan safari train. Kamu juga bisa sambil belajar sejarah patung peninggalan dan berfoto dengan cagar budaya.

8. Kebun Binatang Sang Kulim

kasang kulim – foto : https://www.instagram.com/wenibungsu03/

Wisata keluarga kebun binatang manjadi minat terbesar untuk wisata edukasi anak. Terdapat berbagai macam binatang yang dapat menambah pengetahuan anak. Selain itu, wisatawan juga dapat naik diatas gajah dengan biaya sekitar Rp.10.000,- per 10 menitnya. Biaya masuknya sendiri berkisar Rp.20.000,- an untuk dewasa, dan Rp. 10.000,- an untuk anak-anak. Lokasi kebun binatang di Kubang Jaya, Siak Hulu, kabupaten Kampar, Pekanbaru. Buka pukul 08.00 WIB sampai 18.30 WIB setiap harinya.

Kunjungi juga:

Tempat wisata di Pekabaru sangat bervariasi. Wisatawan juga dapat mengunjungi wisata religi atau edukasi di beberapa masjid besar dan perpustakaan kota yang megah. Kota yang menarik dan tempat wisata yang asik, menjadikan kota Pekanbaru tidak sepi oleh wisatawan. Selain itu, akses jalan yang sudah memadai dan muncul banyak tempat wisata baru juga menjadi salah satu alasan untuk berlibur di Pekanbaru. Liburan harus menjadi kegiatan wajib untuk lepas sejenak dari rutinitas. Ibaratnya, makan adalah kebutuhan jasmani, sedangkan liburan menjadi kebutuhan rohani selain agama. So, jangan lupa berlibur gengs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here