Home Wisata Jawa Timur 7 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Unik dan Menarik

7 Tempat Wisata Di Banyuwangi Yang Unik dan Menarik

kawah ijen - foto : https://www.instagram.com/_simbiosis/

Tempat wisata di Banyuwangi –  Banyuwangi merupakan kota yang terletak di ujung pulau Jawa dan menyimpan potensi destinasi yang besar mulai dari pegunungan, taman nasional, pantai, dan lain sebagainya. bahkan saat ini Banyuwangi telah dikelola dengan baik sehingga mampu menyediakan tempat kunjungan wisata baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika anda ingin mengetahui lebih banyak tentang destinasi wisata di Banyuwangi, kami akan merekomendasikan beberapa tempat wisata menarik di Banyuwangi.

1. Desa Wisata Osing Kemiren

dea wisata osing kemiren – foto : https://www.instagram.com/azwaranas.a3/

Destinasi pertama yang akan kita bahas adalah desa wisata osing Kemiren. Di tempat ini anda dapat mengenal budaya dan tradisi masyarakat setempat yang masih kaya dan dilestarikan. Tempat wisata ini berada kurang lebih 15 menit dari pusat kota sehingga sangat mudah untuk dijangkau dengan menggunakan kendaraan apapun. Selain itu, untuk masuk kawasan tersebut anda hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000.

Di tempat ini anda bisa menikmati berbagai rumah khas suku osing yang dibangun pada ratusan tahun yang lalu. Lebih menariknya lagi, desa wisata ini masih aktif mengadakan festival tradisi ada setiap tahunnya. Salah satu festival yang banyak digemari dan ditunggu-tunggu adalah festival ngopi sepuluh ewu. Dalam festival bergengsi tersebut pihak pengelola akan menyediakan 10.000 cangkir kopi di sepanjang jalan yang berada di depan rumah warga.

2. Gunung Raung

gn. raung – foto : https://www.instagram.com/estpr/

Bagi anda yang gemar dengan wisata alam, destinasi wisata yang satu ini menjadi salah satu tujuan yang wajib  untuk anda kunjungi. Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua yang berada di Jawa Timur dan berada di Kabupaten Banyuwangi. Di Tempat ini pula anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan berbagai pesona yang dimiliki oleh gunung Raung yati  kawah dengan kedalaman 500 meter yang berbentuk elips. Namun untuk menikmati berbagai keindahan tersebut anda harus melewati jalur yang cukup ekstrim sehingga anda perlu berhati-hati.

3. Jawatan Benculuk

jawatan benculuk – foto : https://www.instagram.com/skinnymonkey/

Jawatan Benculuk merupakan area resapan air serta penimbunan kayu jati yang dikelola Perhutani Banyuwangi dan sudah dibangun sejak tahun 1952. Tempat ini menyimpan keindahan yang berbeda dengan tempat wisata lainnya yaitu berupa deretan pohon kayu trembesi yang semakin menciptakan kesan eksotis.karena keindahannya tersebut tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung untuk memanjakan mata atau dan mencari spot foto yang menarik. Jika anda berkunjung saat sore hari, anda juga dapat menikmati keindahan matahari terbenam di sela-sela pohon tersebut.

4. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran – foto : https://www.instagram.com/pipii.luwes/

Destinasi wisata ini sering juga disebut dengan little Afrika. Taman nasional ini merupakan sabana terbesar yang tersebar di Pulau Jawa dan memiliki luas 25.000 hektar. Ditempat ini anda akan menemukan berbagai jenis hewan dan tumbuhan, karena taman ini dijadikan sebagai habitat untuk hewan-hewan tersebut. tidak hanya sampai disitu, taman nasional ini juga banyak digunakan untuk menikmati keindahan matahari terbit dengan pemandangan yang sangat indah. bahkan tempat ini juga menyediakan camping ground bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan malam dengan berkemah.

5. Kawah Ijen

kawah ijen – foto : https://www.instagram.com/rezamaulanamalik/

Berbicara tentang tempat wisata di Banyuwangi tidak akan lengkap tanpa membahas tentang keindahan kawah ijen. Bahkan perlu anda ketahui kawah ijen telah ditetapkan menjadi kawasan cagar biosfer oleh UNESCO sejak tahun 2006. Sejak saat itu, kawah yang terletak di puncak gunung ijen kecamatan Licin ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan sehingga tidak heran jika memberikan daya tarik tersendiri. Salah satu keistimewaan yang tidak akan ditemui di tempat lain adalah fenomena api biru (blue fire) yang biasanya akan muncul setiap pukul 05;00.di lokasi penambangan sulfur. Selain itu, di tempat ini anda juga dapat menyaksikan kemegahan gunung merapi dari lokasi kawah ijen hanya dengan melakukan pendakian selama kurang lebih dua hingga tiga jam saja.

6. Mangrove Bedul Ecotourism

mangrove bedul _ foto : https://www.instagram.com/budiosing/

Tempat wisata yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Mangrove Bedul Ecotourism di Dusun Blok Solo dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mengeksplor keindahan di dalamnya anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 7.500 saja.

Menariknya, dengan biaya tersebut anda sudah dapat menikmati keindahan tempat wisata yang dinobatkan menjadi kawasan bakau terbesar yang berada di Pulau Jawa dengan luas 2.300 hektar.

Selain menikmati keindahan hutan bakau, di dalam mangrove tersebut terdapat perairan Segara Anakan yang dikelilingi dengan 27 jenis bakau. Di sana anda dapat menggunakan perahu tradisional untuk menyusuri kawasan bakau dan melihat berbagai jenis bakau yang belum pernah anda temui. Untuk menyewa perahu tersebut, anda akan dikenai biaya sebesar Rp 200.000 dan dapat digunakan untuk 10-15 orang.

7. Pantai Plengkung

pantai plengkung – foto : https://www.instagram.com/rafif.s.w/

Bagi pengunjung yang gemar bermain selancar, pantai ini tidak akan tertinggal untuk dikunjungi karena Pantai Plengkung merupakan spot terfavorit  bagi para peselancar. Hall ni karena pantai tersebut menjadi salah  satu dari tujuh ombak terbaik di dunia. Nah bagi anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Plengkung, langsung saja berkunjung ke kawasan kalipait. Pantai ini sering juga disebut dengan G-land karena memiliki bentuk yang melengkung dan menyerupai seperti huruf G. Biasanya pada bulan April- September pantai ini banyak dikunjungi oleh peselancar baik lokal maupun mancanegara karena ketinggian ombak mencapai 6-8 meter.

Namun bagi anda yang tidak gemar berselancar, anda tidak perlu khawatir karena masih ada banyak hal menarik yang dapat anda kerjakan. Di tempat ini anda dibebaskan untuk memancing ikan dan snorkeling. Anda juga bisa mengelilingi pinggir pantai dengan menggunakan sepeda yang disewakan oleh pihak pengelola.

Kunjungi juga:

Tempat wisata di Banyuwangi menyimpan banyak keindahan yang bisa anda nikmati. Oleh karenanya, jika anda berkunjung ke jawa timur, jangan lupa masukkan kota Banyuwangi sebagai salah satu tujuan wisata anda bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here