Home Wisata Sumatera Daftar 5 Tempat Wisata di Aceh Yang Terbaru

Daftar 5 Tempat Wisata di Aceh Yang Terbaru

museum tsunami aceh - foto : https://www.instagram.com/nazarrivolsa/

Nikmati tempat wisata di Aceh mulai wisata bersejarah hingga wisata alam yang menakjubkan! Siapa sangka bahwa kota yang disebut-sebut sebagai serambi mekah ini memiliki pesona yang luar biasa memukau. Ya, Aceh adalah sebuah provinsi yang memiliki sebutan serambi mekah dikarenakan di tempat itulah pertama kali Islam berkembang di Indonesia.

Aceh sendiri juga merupakan pintu menuju daratan Sumatra pada bagian utara. Jauh setelah adanya tsunami yang melanda provinsi ini pada tahun 2004 dulu, nama Aceh mungkin jarang disebut sebagai wilayah wisata. Padahal, jika Anda mencoba mengetahuinya, ada banyak sekali tempat wisata yang juga tidak kalah menakjubkan nya dengan wisata lainnya. Apa saja tempat menarik itu? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya sebagai berikut!

1. Museum Tsunami Dan Pemakaman Kerkhof Peutjoet

museum aceh – foto : https://www.instagram.com/metrotv/

Salah satu tempat wisata di Aceh yang wajib dikunjungi saat Anda berada disana adalah museum dan pemakaman ini. Tempat ini adalah tempat bersejarah yang mengingatkan kita tentang tsunami tahun 2004 lalu yang menewaskan ribuan orang. Untuk mengenang semua perjuangan para korban untuk bertahan hidup pada saat itu, pemerintah akhirnya membuat tempat ini. Tempat ini pun bisa menjadi tempat renungan bagi kita semua bahwa kematian akan datang kapan pun juga tidak memandang umur, waktu, hingga tempat. Nah, berbicara mengenai situasinya disana, arsitektur yang dirancang untuk membuat museum ini pun sangatlah unik. Disana Anda akan di bawa seakan merasakan bagaimana situasi tsunami pada saat itu. Anda juga akan diperlihatkan foto-foto dokumentasi pada saat itu.

Di luar museum, Anda akan menjumpai bangunan museum yang tampak seperti kapal yang besar. Namun, jika dilihat dari atas, bentuknya tampak seperti ombak lautan. Di sisi lain, jika Anda berjalan ke belakang museum, Anda akan menjumpai pemakaman militer belanda. Pemakaman ini dibuat setelah adanya perang di Aceh dengan militer belanda yang menewaskan ribuan orang. Nah, untuk tiket masuk di tempat ini sendiri gratis alias tanpa dipungut biaya.

2. PLTD Apung 1

PLTD apung – foto : https://www.instagram.com/andreymukti.lubis/

Masih berbicara tentang sejarah tsunami di Aceh 2004 lalu, ada tempat wisata lain yang juga mengingatkan kejadian tersebut. Tempat itu adalah pltd apung 1. Pltd (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) merupakan sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang kejadian yang tidak terlupakan itu.

Monumen ini dibuat menyerupai kapal dengan berat sebesar 2,600 ton. Sebenarnya, ia merupakan sebuah kapal yang dulunya terseret sejauh 5km dari Perairan Ulee Lheue menuju pusat kota banda Aceh. Sekarang tempat ini dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata edukasi oleh pemerintah.

3. Taman Sari Gunongan Dan Pinto Khob

taman sari gunongan – foto : https://www.instagram.com/aduntea_deje/

Apakah Anda ingin berkunjung ke tempat yang penuh histori cinta seperti taj mahal di India? Hal itu dapat Anda jumpai di Aceh. Ya, di Taman Sari Gunongan ini cerita cinta antara raja dan permaisuri tertuang dalam sebuah bangunan cantik. Raja tersebut adalah Sultan Iskandar Muda yang memiliki istri bernama Putri Kamaliah dari Pahang, Malaysia. Taman ini merupakan sebuah hadiah yang dipersembahkan raja, yang dibuat untuk menyenangkan permaisuri.

Taman ini memiliki bentuk seperti perbukitan dengan bangunan megah berwarna putih yang unik. Sedangkan, jika Anda berjalan ke belakang taman, Anda akan menjumpai bangunan persegi yang merupakan makam dari raja. Bangunan tersebut dinamakan kandang (makam Sultan Iskandar Muda). Nah, tidak jauh dari bangunan ini, Anda akan menemui Pintu Khob yang merupakan tempat yang menghubungkan dayang-dayang dengan putri untuk menuju ke tempat pemandian.

4. Pantai Lampuk

pantai lampuk – foto : https://www.instagram.com/luntanglantungaje/

Selain objek wisata yang historical, Aceh juga memiliki destinasi wisata alam yang keren. Salah satunya adalah Pantai Lampuk. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari banda Aceh, diperkirakan sekitar 15km jauhnya. Pantai ini sudah mulai ramai seiring bertambahnya waktu setelah kejadian tsunami 2004 silam. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pesona yang sangat indah.

Di sana Anda akan menemukan empat jalur untuk menuju ke pantai ini. Jalur tersebut di antaranya babah satu hingga babah empat. Adapun jalur ketiga, biasa digunakan sebagai jalur menuju lokasi untuk kegiatan surfing. Di jalur babah dua, Anda akan menemukan wahana edukasi yaitu konservasi penyu. Nah, selain dapat menikmati semua pesona dan aktivitas di sana, Anda juga dapat mencicipi kuliner di sana. Ada banyak sekali kios dan warung yang menjual seafood tepatnya di sepanjang jalur pantai.

5. Pucouk Krueng Raba, Lhoknga

pucouk krueng – foto : https://www.instagram.com/faradillasanti_wahyudi/

Lhoknga merupakan sebuah hutan yang dulunya dianggap misterius oleh masyarakat setempat. Namun, sekarang tempat ini menjadi tujuan destinasi wisata di Aceh yang juga wajib dikunjungi. Hutan ini berlokasi tidak jauh dari banda Aceh. Disana, pemandangan asri akan terasa ketika Anda baru sampai dan mulai menyusuri jalan menuju tempat wisata di sana.

Tempat wisata yang terdapat di tengah-tengah hutan ini bernama Pucouk Krueng Raba. Untuk bisa ke tempat itu, Anda harus menyusuri ladang sawah, lalu menaiki boat menyusuri sungai raba. Untuk bisa naik boat ini, Anda mungkin akan dikenakan tarif sebesar Rp50.000. Di Pucuk Krueng Raba ini, Anda tidak hanya dapat menikmati nuansa alam yang natural, melainkan pegunungan kapur yang terbentang di sana juga.

Kunjungi juga:

Nah, itu tadi merupakan tempat wisata yang terkenal di Aceh. Sebenarnya, masih banyak lagi tempat wisata yang recommended. Tempat tersebut di antaranya adalah Ujung Kelndu, Benteng Indra Patra, Air Terjun Pekan Bilui, Air Terjun Kuta Malakam, dan lainnya. Demikian informasi mengenai tempat di wisata Aceh, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here